Tantangan dan Peluang Meningkatkan Literasi Sekolah
TANTANGAN DAN PELUANG MENINGKATKAN LITERASI SEKOLAH
Penulis: Eka Sukmawati, S.Pd.I
Nama saya Eka Sukmawati, saya berasal dari Kota Bima di Nusa Tenggara
Barat. Saat ini bertugas sebagai guru di SMPN 13 Kota Bima. SMPN 13 Kota Bima
merupakan salah satu sekolah negeri di Kota Bima yang beralamat di Kelurahan
Tanjung. Sudah tiga tahun saya mengajar
di sekolah ini sebagai guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti (PAIBP).
Selama mengabdi disini saya menemukan banyak
tantangan yang dihadapi dalam bidang Pendidikan Agama Islam, salah satunya
adalah siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan.
Karena siswa walaupun sudah jenjang SMP namun masih ada yang belum bisa membaca
dan mengenal huruf bahkan masih ada yang terbata-bata dalam membaca apalagi
untuk siswa yang sudah pandai membaca pun dalam memahami penjelasan guru atau
soal yang diberikan sangat kurang. Dan pada akhirnya berdampak pada hasil belajar
siswa di sekolah, walaupun sudah diberikan penjelasan yang sederhana dan mudah
dipahami siswa pun tetap saja siswa kurang memahami penjelasan dan soal yang
diberikan.
Adapun langkah dan strategi yang saya lakukan
dalam mengatasi permasalahan di atas adalah dengan meningkatkan kemampuan
literasi siswa dengan mengajaknya membaca beragam buku. Kadang saya sengaja
membawakan beberapa buku bacaan di rumah untuk mereka baca di sekolah di waktu
istrahat belajar. Selain itu saya terus memberikan mereka motivasi agar selalu
membaca buku apa pun dalam meningkatkan pemahaman mereka dalam bacaan baru. Di
sekolah juga ada program yang berkaitan
dengan literasi siswa dalam bidang Alquran, sebelum pelajaran di mulai siswa
diajak untuk belajar dan memahami bacaan Alquran selama 40 menit setiap hari
Selasa, Rabu dan Kamis. Langkah lainnya saya juga melakukan kegiatan membina
siswa dalam hal baca tulis siswa di kelas terhadap siswa yang belum bisa
mengenal huruf. Dan saya pun mengajak guru yang bertugas di perpustakaan untuk
memfasilitasi dan memperbanyak ragam
bacaan buku yang menarik siswa untuk berkunjung ke perpustakaan
Dan
dari strategi yang telah dilakukan siswa mengalami banyak perubahan dalam hal
literasi bacaannya di sekolah, walau banyak tantangan yang dihadapi selama
kegiatan seperti tingkat kehadiran siswa yang kurang turut mempengaruhi
perkembangan belajar siswa di sekolah. Namun sebagai guru saya terus memberikan
motivasi untuk siswa sehingga mereka punya kemauan dalam belajar dan kemampuan
literasi mereka pun meningkat.