Tantangan dan Peluang Meningkatkan Literasi Sekolah

TANTANGAN DAN PELUANG MENINGKATKAN LITERASI SEKOLAH

Penulis: Eka Sukmawati, S.Pd.I 

Nama saya Eka Sukmawati, saya  berasal dari Kota Bima di Nusa Tenggara Barat. Saat ini bertugas sebagai guru di SMPN 13 Kota Bima. SMPN 13 Kota Bima merupakan salah satu sekolah negeri di Kota Bima yang beralamat di Kelurahan Tanjung.  Sudah tiga tahun saya mengajar di sekolah ini sebagai guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP).

Selama mengabdi disini saya menemukan banyak tantangan yang dihadapi dalam bidang Pendidikan Agama Islam, salah satunya adalah siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Karena siswa walaupun sudah jenjang SMP namun masih ada yang belum bisa membaca dan mengenal huruf bahkan masih ada yang terbata-bata dalam membaca apalagi untuk siswa yang sudah pandai membaca pun dalam memahami penjelasan guru atau soal yang diberikan sangat kurang. Dan pada akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa di sekolah, walaupun sudah diberikan penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami siswa pun tetap saja siswa kurang memahami penjelasan dan soal yang diberikan.

Adapun langkah dan strategi yang saya lakukan dalam mengatasi permasalahan di atas adalah dengan meningkatkan kemampuan literasi siswa dengan mengajaknya membaca beragam buku. Kadang saya sengaja membawakan beberapa buku bacaan di rumah untuk mereka baca di sekolah di waktu istrahat belajar. Selain itu saya terus memberikan mereka motivasi agar selalu membaca buku apa pun dalam meningkatkan pemahaman mereka dalam bacaan baru. Di sekolah juga ada program yang  berkaitan dengan literasi siswa dalam bidang Alquran, sebelum pelajaran di mulai siswa diajak untuk belajar dan memahami bacaan Alquran selama 40 menit setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis. Langkah lainnya saya juga melakukan kegiatan membina siswa dalam hal baca tulis siswa di kelas terhadap siswa yang belum bisa mengenal huruf. Dan saya pun mengajak guru yang bertugas di perpustakaan untuk memfasilitasi dan  memperbanyak ragam bacaan buku yang menarik siswa untuk berkunjung ke perpustakaan

Dan dari strategi yang telah dilakukan siswa mengalami banyak perubahan dalam hal literasi bacaannya di sekolah, walau banyak tantangan yang dihadapi selama kegiatan seperti tingkat kehadiran siswa yang kurang turut mempengaruhi perkembangan belajar siswa di sekolah. Namun sebagai guru saya terus memberikan motivasi untuk siswa sehingga mereka punya kemauan dalam belajar dan kemampuan literasi mereka pun meningkat.